Pages

0

Past

Pagi tadi, saya disuruh beres-beres rumah buat siap-siap dalam rangka farewell party hari Sabtu nanti. Aniwei, saya kalo ngerjain sesuatu pasti ada kata tunda nya, procrastinator, bad habit memang. Baru aja mulai mau angkat-angkat lemari plastik buat dipindahin, mata saya malah tertuju ke kertas yang terselip di pinggiran lemari, alhasil aktivitas selanjutnya bukan lagi angkat-angkatin tuh lemari, tapi malah duduk, buka-buka isi lemari, liat-liat yang ada di dalem lemari. Well, bisa dibilang saya seneng banget kalo udah buka-buka 'dokumen lama'. Foto-foto saya waktu kecil, Foto-foto mama papa saya waktu masih muda, diary-diary jaman SD - SMP, surat-suratan temen waktu SD. ( inget ga sih kalo handphone itu mulai populer baru waktu taun 2000-an? jadi kalo sekarang sms-an ya dulu pake surat-suratan :D )



Past is just past. u can't remove it, u can't ignore it, u can't bury it, u can't regret it. U just can save it on ur own memory.




Ada sesuatu yang bikin saya ketagihan kalo udah buka-buka 'dokumen lama'. Ada perasaan sedih, bahagia, kangen. Sedih karena ternyata saya sudah melewatkan banyak hal yang saya tau itu ga mungkin saya alamin lagi. Bahagia karena saya ternyata masih bisa menikmati kenangan-kenangan yang terjadi dalam hidup saya, sekalipun kenangan itu ga terlalu ngebahagiain untuk diinget. Kangen,karena saat berfikir : saya pernah ada dan mengalami kejadian-kejadian yang udah lewat itu. Kita emang bener-bener ga akan ngalamin kejadian yang sama lagi persis seperti yang udah kita laluin kemarin.



Pilihan sendiri apakah masa lalu itu mau kita buka lagi, atau sekedar pengisi kehidupan.

Kadangkala, ada masa lalu yang sangat kita kangenin. Tapi sekuat apapun hati kita pengen ngulang lagi masa yang udah kita lewatin it, yah masa lalu kan cuma sekedar 'masa lalu'. Soalnya hidup tuh nyata dan ga ada mesin waktu ataupun juga kantong doraemon buat akses kita ke masa lalu.



Kita hidup untuk hari ini dan besok. Bukan kemarin.



Bener banget. Karena sebanyak apapun penyesalan di masa lalu, yang bisa kita lakuin cuma perbaikan, biar hari ini dan besok bisa jauh lebih baik dari masa lalu.



Saya pernah terjebak pada satu keadaan dimana saya bener-bener gabisa lepas dari masa lalu. Ga bisa move on. Ga bisa nerapin kata Life must goes on, Dude. Tapi cuma bisa ngomong dalam hati. kenapa gue dulu kayak gitu, kenapa gue dulu ga gini, kenapa gue dulu ga gitu. Then, saya sadar, sebanyak apapun saya menyesali masa lalu tapi saya ga akan pernah bisa ngerubah apa yang udah terjadi. Jadi buat apa saya ngeluh? Memang sih, ada kepuasan tersendiri saat saya curhat tentang sesuatu yang udah lewat, tentang sesuatu yang saya sesali, tentang masa lalu yang ga sesuai harapan. Dan jujur saya akui memang saat saya bertanya tentang masa lalu, kenangan atau apapun yang udah lewat itu, yang ga sesuai dengan harapan saya, saya ngerasa nyaman saat udah ungkapin semua itu. Tapi lama-lama kok ya saya ngerasa ga ada manfaat lain ya selain ngerasa agak lega? Itupun lega nya cuma bentar, saat saya inget lagi, saya down lagi. Ternyata, memang ga ada manfaat dari terpaku sama masa lalu. Sekarang, memang saya belum bisa full cuek sama masa lalu, tapi seenggak nya, saya punya sesuatu yang bisa nyadarin diri saya kalo masa lalu tuh ga lebih penting dari masa depan. Sesuatu itu adalah : cita-cita sama harapan untuk masa depan saya yang harus lebih baik dari masa lalu saya.



So. mudah-mudahan masa lalu ga akan jadi penghalang buat kita semua, khususnya saya, buat dapet masa depan yang lebih baik. Kita ga boleh terlena sama kenangan, masa lalu atau apapun yang udah pernah kita lewatin.



"If we open the quarrel between past and present. We shall find that we have lost the future"

-Winston Churcill

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back to Top